Manfaat Berkemah Dalam Kegiatan Pramuka

Manfaat Berkemah Dalam Kegiatan Pramuka


Berkemah adalah kegiatan yang dilakukan dengan cara tinggal sementara di alam terbuka. Perkemahan dalam kegiatan Pramuka yang biasa kita kenal adalah kegiatan Persami (Perkemahan satu hari), Perjusami (Perkemahan Jumat, Sabtu, dan Minggu), Persami (Perkemahan Sabtu dn Minggu) serta banyak jenis perkemahan yang lainnya.

Kegiatan berkemah banyak sekali manfaatnya bagi pengembangan karakter seorang manusia. Artinya berkemah tidak hanya bisa dilakukan pada dunia Kepramukaan saja. Akan tetapi yang biasa kita temukan untuk jenjang Pendidikan pada usia dini adalah Perkemahan dalam kegiatan Pramuka. Karena dalam kegiatan Perkemahan Pramuka biasa di selenggarakan pada masa pendidikan Sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi.


Dengan adanya kegiatan perkemahan sejak dini, manusia di ajak mengenal dan bersahabat dengan alam sekitar serta nantinya bisa mengambil banyak pelajaran dari aktivitas berkemah tersebut.

Manfaat berkemah:


  • Hidup mandiri
Bagimana tidak, kita saat berkemah tidak hidup satu atap dengan ibu yang seperti biasa kita hidup di rumah, bangun tidur di bangunkan, hidangan sarapan sudah disediakan, dan pakian di cucikan. Namun suasana akan lebih berbeda ketika kita berada pada tenda perkemahan. Bangun harus ontime karena kita harus mengikuti jadwal kegiatan yang ada, masak juga harus masak sendiri, cuci pakaian juga dilakukan dengan sendiri, semua belajar mandiri.
  • Disiplin waktu dan Disiplin Aturan
Dengan adanya jadwal yang sudah di sediakan oleh panitia perkemahan, maka kita harus bersikap disiplin. Ketika berada dirumah bisa santai dan malas-malasan dalam melakukan suatu hal, dan kini berbeda disaat berada di perkemahan kita harus bisa mengatur waktu sesuai dengan jadwal yang ada. Apabila kita melanggar jadwal ataupun aturan maka kita akan dikenakan hukuman.
  • Tadabur Alam
Tadabur alam adalah salah satu unsur yang secara alami kita dapatkan pada kegiatan berkemah. Bersahabat dengan alam, menimati bagimana hangat ataupun dinginnya udara di malam hari serta bagimana rasa panas di siang harinya ataupun sejuknya udara di kerindangan pepohonan yang menjulur memberikan kesejukan.

Ketika kita berkemah juga akan di ajarkan bagaimana cara bertahan hidup, bagimana cara memasak dan membuat hidangan serta bagimana cara membuat suatu tenda perkemahan sebagai tempat berlindung dari terik panas matahari, cuaca ekstrim serta hewan buas.

Dalam kegiatan berkemah di kegiatan Pramuka, terdapat beberapa regu, dan satu regu terdapat 8-10 anggota Pramuka. Dan ketika ingin mendirikan tenda, maka dibutuhkan kerja sama atau gotong royong. Dan disitulah kita akan mendapatkan pendidikan semangat gotong royong. Namun dalam hal tersebut kita juga akan mengetahui mana kawan dan mana lawan. Karena biasa di area perkemahan pasti terdapat konflik. Dan disitulah kita belajar memecahkan masalah yang muncul.

Berbagi tugas dalam menghias area Tenda, dan menysun barang, membangun tempat untuk memasak dan lain sebagainya. 

Di malam harinya, biasa ada kegiatan bagi tugas untuk menjaga kemanan tenda. Dan ke esokan harinya ada yang bagian memasak untuk menghidangkan makanan serta ada lagi tugas kebersihan dan lain sebagainya, jadi tugas ketua regu membagi tugas anggota regu tersebut agar semua bisa bekerja sesuai dengan porsinya.

Iklan Tengah Artikel 2