Arti Lambang WOSM (Pramuka Dunia)

Arti Lambang WOSM  (Pramuka Dunia)

Organisasi Kepanduan Dunia atau sering disebut Word Organization Of The Scout Movement (WOSM) adalah suatu organisasi dunia non pemerintah yang menaungi gerakan kepanduan diseluruh Dunia. WOSM didirikan oleh Robert Boden Powell pada tahun 1920 dan kantornya berada di Jenewa Swiss. Keberadaan WOSM juga tidak terlepas dengan Asosiasi Kepanduan Putri Dunia atau Word Assosication Of Girl and Girl Scouts (WAGGGS).


Adapun Misi WOSM adalah untuk berkontribusi untuk memberikan kepada anak muda, melalui sistem janji Pramuka dan Hukum Pramuka untuk membantu membangun dunia yang lebih baik lagi. Dimana dengan adanya WOSM diharapkan kebutuhan individu dapat terpenuhi dan dapat berkontribusi positif di masyarakat.

Arti Lambang WOSM, sebagai berikut:

Lambang WOSM terdiri atas gambar "fleur-de-lis", atau sering dikenal dengan bunga lily dengan tiga ujung. Kompas, dua bintang yang dilingkari tali simpul mati. Gambar berwarna putih dengan warna background warna ungu. Adapun lambang "fleur-de-lis" awal digunakan oleh Baden Powell di Pulau Bwonsea pada 25 juli-2 agutsus tahun 1907  saat perkemahan dipulau tersebut dan disematkan pada 22 anak laki-laki.

1. Kompas: Melambangkan suatu peringatan bagi pandu/ Pramuka agar senantiasa berbuat kebenaran dan dapat dipercaya sebagaimana fungsi kompas, serta tetap menjaga cita-citanya dan perannya sebagai penunjuk arah jalan.

2. Treefoil/Bunga dengan tiga ujung : Melambangkan 3 janji Pandu/ Scout Promise

3. Dunia Bintang: Melambangkan anggota Pandu/Pramuka berupaya senantiasa memberi penerangan dan menolong dalam kebenaran dan pengetahuan

4. Tali melingkar dengan ujung membentuk simpul mati: Mengartikan bahwa sesama pandu/anggota Pramuka menjalin hubungan persahabatan dan persaudaraan sesama anggota Pramuka diseluruh Dunia.

5. Warna Putih dan warna Ungu: melambangkan jiwa yang berhati suci, sedangkan warna dasar ungu melambangkan bahwa Pandu/Pramuka memiliki jiwa kepemimpinan, keterampilan dan suka menolong orang lain.

Untuk lebih lengkapnya silahkan baca di sini.

Iklan Tengah Artikel 2