Iklan Atas

Kenapa Kita Harus Ikut Pramuka ?, ini alasannya!

Pentingnya Ikut Kegiatan Pramuka Sebagai Bekal Kehidupan Kita Kelak. Pentingnya kegiatan Pramuka bagi Bangsa Indonesia. Menengok sejarah Pramuka, pada masa sebelum Indonesia merdeka pendidikan kepramukaan sudah ada namun pada saat itu bukan Pramuka yaitu kepanduan. Di Indonesia pada masa-masa Kemerdekaan terdapat beberapa organisasi kepanduan.

Pentingnya Ikut Kegiatan Pramuka


Keberadaan Kepanduan di Indonesia sangat berperan penting terhadap kemerdekaan Indonesia, maka seiring berjalannya waktu pada masa Pemerintahan Ir. Soekarno organisasi kepanduan ini di leburkan menjadi satu organisasi yaitu dengan nama Pramuka. 


Jelas, kegiatan kepanduan yang dulu dengan Pramuka yang sekarang ada pembaharuan seiring dengan berkembangnya zaman.

Pada jaman Revolusi Industri 4.0 ini, apakah masih penting kita ikut kegiatan Pramuka?

Alasan Kenapa Kita Harus Ikut Kegiatan Pramuka !


Jawabnya ialah: Jelas sangat peting. Pendidikan Pramuka mempunyai beberapa unsur, diantaranya sebagai pendidikan karakter dan Life Skill.

Banyak anak-anak Pramuka di zaman ini, mengeluh dan membenci dengan Kegiatan Pramuka. Dengan berbegai alasan seperti Panas, malas upacara, membuat capek dan ada hukumannya.

Di balik semua itu sebenarnya tanpa di sadari ada manfaatnya secara langsung pada pembangunan Pribadi Manusia.

Melihat semakin tahun semakin bobrok saja perilaku dan pola pikir generasi bangsa, maka Pramuka adalah salah satu Pendidikan untuk memperbaiki kualitas generasi bangsa tersebut.

Pendidikan Karakter Yang Ada Pada Pramuka adalah sebagai berikut:


1. Taqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa

Bagimana kita sebagai seorang Manusia (hamba) bisa berbakti dan taat kepada Tuhan-Nya. Tidak melanggar perintah-Nya dan melaksanakan apa yang di perintahkan Tuhan kepada Hamba-Nya. Seperti apa yang di larangnya : Tidak memakai Narkoba, Tidak Mencuri, Tidak merugikan orang lain, Tidak durhaka kepada orang tua, Tidak Berzina, Tidak berbuat yang sia-sia. 

Serta Menjalankan apa yang diperintahkannya seperti Beribadah sesuai dengan agaman yang di anut, menghormati orang lain baik itu teman, kedua orang tua, guru, dan orang lain. 

2. Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia

Seiring berkembangnya teknologi, pembangunan Pabrik, perusahaan-perusahaan yang semakin luas maka alam kita akan semakin musnah dan berkurang. Dengan pendidikan Pramuka maka kita akan membekali generasi bangsa sejak dini Betapa Pentingnnya kita sebagai Bangsa Indonesia ini menjaga lingkungan tempat kita tinggal, saling mengasihi sesama manusia dan bersosial yang baik.

3. Patriot Yang Sopan dan Kesatria

Di dalam Pramuka juga di ajarkan menjadi seorang yang bisa menghargai, menhormati dan mencintai tanah Air sendiri, menjadi pahlawan bagi bangsanya dan juga bersikap sopan terhadap sesama manusia.

4. Patuh dan Suka BerMusyawarah

Jadilah Anak Pramuka yang tidak angkuh ataupun lalai dan sombong serta egois mementingkan dirinya sendiri, jadi dalam hal ini jadilah seorang yang suka bermusyawarah dalam memutuskan sesuatu yang menyangkut kepentingan orang lain maupun regu.

Dan semua itu tertuang dalam Dasa Dharma Pramuka.

Pendidikan Life Skil

Selain pendidikan Karakter juga pendidikan Life Skill seperti penjelasannya berikut ini:

Pendidikan Life Skil dalam kegiatan Pramuka di antaranya adalah Pionering, Menaksir, membuat Peta Pita, membuat Tenda, bertahan hidup di alam, pantang menyerah dalam menuntaskan permianan, bekerjasama dalam regunya. Belajar baris-berbaris, belajar P3K, belajar komputer, belajar kepemimpinan, belajar apa arti persauadaraan. Belajar apa artinya kita hidup ini, belajar kedisiplinan, belajar dalam mengelola tumbuhan obat dan banyak lagi lainnya. Ada yang namanya juga SAKA (satuan karya) Pramuka, sebagai pengembangan minat bakat anggota Pramuka dalam bidang Dirgantara, Bhyangkara, Militer, Kesehatan, Kehutanan dan lainnya.

Jadi, kalau melihat perkembangan jaman di era revolusi Industri 4.0, hal ini hanya berkembang pada kemampuan manusia dalam bidang ilmu teknologi, akan tetapi kalau karakter manusianya jelek dan tidak berkembang baik maka ini akan bisa berbahaya dan berdampak buruk pada perilaku manusia kedepannya. Pintar tapi perangai jelek maka lebih berbahaya dan membawa kehancuran bagi pola pikir dan tingkah laku manusia untuk saat ini dan kedepannya. 

Dari uraian ini, ternyata penting sekali kita ikut Pramuka. Hanya saja, mayoritas orang yang membenci Pramuka, mereka mengetahui pendidikan Pramuka itu Upacara, berkemah, PBB, Yel-yel. Padahal masih banyak lagi pendidikan Pramuka yang harus kita pelajari, resapi dan amalkan dalam kegiatan sehar-hari.

Iklan Tengah Artikel 2