About

Assalamualaikum wr wb, Salam Pramuka..!

Perkenalkan nama saya Abdul Tea, saya adalah Founder Kwarran Upau dan juga Pramukasiana.com. Tujuan saya mendirikan Blog ini sebagai media pengarsipan kegiatan Pramuka serta menyalurkan daya pikir saya untuk berbagi.



Saya adalah anggota Pramuka yang ada di Daerah Kwarcab Tabalong, Kwarran Upau, Kwarda Kalimantan Selatan, Kwarnas Indonesia.

Saya aktif di Pramuka dari sejak kelas 4 SD hingga sekarang di bangku perkuliahan. Saya bergabung di Kwarran serta berusaha membagikan pengalaman Pramuka yang saya hingga sekarang ini.

Saya di amanahi untuk menjadi Pembina Pramuka di dunia Gugus Depan. Dari Tahun 2014 saya sudah terjun di Gugus Depan untuk berbagi dan memberikan pengalaman dan ilmu tentang Pendidikan Kepramukaan.

Pendidikan Kepramukaan lebih identik pada pendidikan Karakter. Sesuai dengan Pedomannya yaitu Janji Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

Apapun yang dilakukan oleh seorang Pramuka hendaknya didasari pada isi Tri Satya dan Dasa Dharma. Seorang Pramuka yang baik, dia tidak akan menghianati apa yang telah ia katakan. Jani adalah suci, apabila sebuah janjin di khianati maka hati sudah tidak suci lagi. Adapun Dasa Dharma adalah pedoman hidup seorang Pramuka. Laksana makna Logo Tunas Kelapa. Seorang Pramuka juga harus berusaha memberikan contoh yang baik bagi sekelilingnya, memeberikan motivasi bagi rekannya ke arah perubahan yang baik serta mendorong menuju peradaban yang gemilang. 

a. Ing ngarso sung tulodo maksudnya di depan menjadi teladan;
b. Ing madyo mangun karso maksudnya di tengah membangun kemauan;

c. Tut wuri handayani maksudnya dari belakang memberi dorongan dan pengaruh yang baik ke arah kemandirian.

Iklan Tengah Artikel 2