Anak Pramuka Tidak Takut Kotor

Salam Pramuka...!

Banyak postingan di Grub Facebook Pramuka saya jumpai, hinaan dan cacian dari orang yang tidak dikenal alias akun samar-samar, yang menyebutkan Pramuka Babi. Menurut saya Pribadi Kegiatan Kepramukaan yang bersentuhan dengan lumpur adalah kegiatan sejak dulu hingga sekarang masih fenomenal di kalangan kegiatan Pramuka.


Saya sering memikirkan akan kegiatan yang berjipaku dengan lumpur. Saya pikir dengan matang, apakah ada manfaat dari kegiatan seperti ini?

Dan ternyata ada manfaat dari kegiatan Pramuka yang bernuansa dengan alam ini, dimana karakter seorang anak Pramuka yang suka dengan tantangan serta menginginkan hal yang tidak biasa mereka jumpai di permainan sehari-hari. Mereka meminta ada kegiatan yang terjun atau berjibaku dengan lumpur dan langsung bersahabat dengan Alam, mereka malah merasa lebih bahagia dan mempunyai kesan tersendiri akan kegiatan Pramuka.

Jadi, omongan orang-orang perihal Pramuka babi adalah mereka yang manja dan takut dengan kotor. Coba saja lihat Prajurit TNI berlatih, mereka di gebleng dan masuk hutan, menyusuri rawa-rawa, semak-semak dan bahkan terjun mengendap di lumpur. Jadi buat kalian anak Pramuka kegiatan seperti ini adalah kegiatan dasar untuk membentuk mental  dan fisik kalian.


Dengan seperti itu, mental akan digebleng dan menghasilkan pribadi yang tangguh dan kuat, tidak takut dengan apapun saat berada di alam terbuka. 


Menurut saya Pramuka ada dunia Pendidikan Karakter, dan bagaimana kita selaku Kakak Pembinan berbagi ilmu dan juga Pengalaman kepada peserta didik dengan baik. Kita juga melihat sbeerapa mampu peserta didik mampu melewati rintangan yang sudah disediakan, tentunya materi akan Halang Rintang disesuaikan dengan tingkatan Pramukanya.

Jadi jangan hiraukan orang-orang yang suka mencemooh Pramuka Babi, kalau orang-orang berani berbicara seperti itu itu artinya mereka sama saja menghina metode latihan militer TNI.

Jadilah anak Pramuka yang benar-benar Pramuka, jangan hanya anak Pramuka yang suka pegang Gadget Main Pubg atau ML yang memang berani perangnya di Online di ajak melewati rintangan kenyataan takut kotor. 

Salah satu cara kita bersahabat dengan alam adalah dekat dengannya. Merawat dan bersatu dengan kondisi Alam yang ada. Jadi tidak hanya penghijauan saja, ataupun perawatan lingkungan namun juga kita harus ikut merasakan bagimana tubuh kita bersentuhan langsung dengan kondisi alam yang ada.

Iklan Tengah Artikel 2