Mengenang Ibu Ani Yudhoyono - Kak Hj. Kristiani Herawati Yudhoyono

Salam Pramuka.. kakak-kakak semuanya. 
Pada hari kemaren kita sudah mendengar kabar wafatnya Kak Hj. Kristiani Herawati Yudhoyono selaku Istri dari Mantan Presiden kita Bapak H. Susilo Bambang Yudhoyono. 

Yaitu Telah bеrрulаng kе Rаhmаtullаh, Ibu Kristiani Herrawati Binti Sarwo Edhіе Wibowo (Ibu Ani Yudhoyono), Mantan Ibu Nеgаrа, Isteri Prеѕіdеn RI kе-6, Prоf. Dr. Suѕіlо Bаmbаng Yudhоуоnо dі usia 67 tahun pada hаrі Sabtu tаnggаl 1 Juni 2019 Pukul 11.50 Waktu Sіngарurа bеrtеmраt dі Nаtіоnаl Unіvеrѕіtу Hоѕріtаl (NUH), Sіngарurа.


Saya selaku Founder Blog Pramukasiana.com dan sekaligus mewakili anggota Pramuka Indonesia menyampaikan belasungakawa atas wafatnya Kak Hj. Kristiani Herawati Yudhoyono, yang mana sosok beliau adalah sosok yang patut kita teladani dan selama hidupnya beliau banyak memberikan sumbangsih bagi kemajuan bangsa Indonesia ini, bahkan sampai akhir hayatnya beliau masih menceritakan cita-cita dan keinginan beliau mengenai tekad beliau untuk membangun bangsa, demi kemajuan dan kemakmuran Negara Indoinesia yang kita cintai. Semoga amal ibadah beliau diterima oleh Allah SWT dan khusnul khotimah serta di ampuni dosa-dosa beliau semasa hidupnya dan ditempatnkan bersama zuriat rasulullah SAW di surganya ALLAH SWT. Aamiin.

Mengenang sosok Kak Hj. Kristiani Herawati Yudhoyono yang biasa kita panggil Ibu Ani Yudhoyono:

Masa Remaja:

Ibu Ani Yudhoyono adalah seorang anak jenderal, meskipun beliau anak seorang jenderal yang pastinya beliua memiliki segudang privilege namun beliau memilih hidup yang sederhana. 


Ajaran sang ayah " Sarwo Edhie Wibowo" yang beliau tanamkan dalam hidupnya, dikutip dalam buku Kepak Sayap Putri Prajurit, Karya Alberthiene Endah yang kalimatnya sebagai berikut: Maka sesulit apapun, berjuanglah untuk terus berada di bidang putih,  Jika kita berdiri pada titik yang benar, kita bisa membawa cahaya ke semua warna. Yang putih tetap terang. Dan yang abu-abu menjadi mantap menjadi jati diri yang baik, yang memutihkan dirinya. Inilah kalimat papi mengenai kepemimpinan yang kelak berguna untuk membentuk mentalk, kata Ibu Ani Yudhoyono. Ibu Ani 

Ibu Ani Menjadi Seorang Istri Mendampingi Bapak SBY:


Ibu Ani menikah dengan Bapak SBY pada tanggal 30 Juli 1976, ketika Bapak SBY baru saja dilantik menjadi Perwira TNI dan menjadi lulusan terbaik. Selama menikah Ibu Ani selalu setia mendampingi Bapak SBY bertugas kemana saja dan bagimana kondisi apapun yang terjadi nantinya, baik sebelum jadi presiden maupun sesudahnya bakan sampai habis masa jabatan presiden SBY.

Ibu Ani Menjadi Seorang Ibu Bagi Anak-Anaknya dan keluarganya:


Ibu Anai Yudhoyono adalah seorang sosok Ibu yang sangat sayang kepada keluarganya dan mengajarkan makna dari kasih sayang yang sebetulnya. Kunci saat Bapak SBY disibukkan dengan urusan negara dan pemerintahan, Ibu Ani mampu mengimbangi aktivitas sang suaminya. Beliau kerap membagikan momen berkumpul bersama keluarga, menggendong cucunya, dan sesekali mengikuti kegiatan sosial.


Bu Ani Yudhoyono terbukti berhasil dan mampu menempatkan bahwa keluarga adalah diatas segalanya. Dimana hal tersebut bukan sebuah rahasia lagi, bahkan kita semua tahu bagimana kedeatan Ibu Ani Yudhoyono kepada keluarganya, baik kepada anaknya sendiri, mantunya bahkan juga cucu-cucunya. Bahkan semenjak Ibu Ani Yudhoyono sakit, mantu Ibu Ani sangat setia mendampingi beliau dalam proses pengobatan dan sampai akhir hayatnya. 

Ibu Ani Yudhoyono menjadi Ibu Negara:


Ibu Ani sangat banyak berjasa bagi negara Republik Indonesia yang sama-sama kita banggakan dan kita cintai ini. Dimana semasa beliau menjadi Ibu Negara Republik Indonesia yang ke Enam, banyak emmabngun perubahan bagi kemajuan Bangsa khsusnya. Ibu Ani Yudhoyono mengajak Anak-anak bangsa sebagai generasi bangsa ini terus semangat memabangun peradaban generasi yang makmur dan berbudi luhur bagi bangsa, dan negara. Dimana program-program dan banyak prestasi yang beliau dapatkan ketika menjadi Ibu negara RI :

1. Tanda Kehormatan Republik Indonesia Adipradana Tahun 2011 buat Ibu Ani Yudhoyono

Ibu ani mendapatkan penghargaan tersebut dikarenakan beliau berperan penting dalam terwujudnya mobil pintar dan rumah pintar, Indonesia peduli dan Indonesia hijau tentang lingkungan, Indonesia sehat serta juga Indonesia kreatif.

2. Pin Emas dari pemegang Nobel Perdamaian M. Yunus

Penghargaan tersebut diberikan dikarenakan Ibu Ani terlibat aktif dalam berjalannya program Perempuan Keluarga Sehat, Sejahtera dan Indonesia Kreatif (PERKASSA).

3. Certificate of Global Leadership dari The United Nations Environment Program (UNEP)

Kepeduliannya terhadap lingkungan, beliau mendapatkan anugerah Certificate of Global Leadership dari The United Nations Environment Program (UNEP) dikarenakan beliau sebagai pelopor gerakan hijau, sehingga terlaksananya kegiatan Gerakan Pangan dan Pelihara 10 Juta Pohon di Indonesia dan kegiatan ini dilakukan bersama tujuh organisasi perempuan pada tanggal 1 Desember 2007.

4. Pin Emas dari Kementrian Negara Pemberdayaan Perempuan

Ibu Ani yang juga  ѕоѕоk wаnіtа dan оrаng tua juga mеnаruh реrhаtіаn раdа para реrеmрuаn dаn anak-anak. Pеrаn Ibu Anі dаlаm mendorong naiknya kuаlіtаѕ hidup реrеmрuаn dan anak dіgаnjаr penghargaan оlеh Kеmеntеrіаn Nеgаrа Pemberdayaan Perempuan. 

Pеnghаrgааn ini diberikan ѕааt Ibu Ani mеnghаdіrі асаrа puncak peringatan Pеkаn ASI Sedunia tаhun 2007. Aсаrа уаng bеrlаngѕung dі Iѕtаnа Nеgаrа іtu sendiri bеrtujuаn mеngаjаk раrа ibu mеmbеrі asi kepada anak-anaknya. 

5. Pеnghаrgааn dari L`Orеаl – UNESCO 

Gаk dіѕаngkа реrаn Ibu Anі Yudhоуоnо buаt реrеmрuаn dаn аnаk-аnаk diganjar реnghаrgааn dаrі реruѕаhааn рrоduk реrаwаtаn L’Oréаl dаn bаdаn PBB United Nаtіоn Educational, Sсіеntіfіс аnd Culturаl Organization (UNESCO). 
Pemberian реnghаrgааn ini mеnurut Wakil Dіrеktur UNESCO Biro Sаіnѕ Regional untuk Aѕіа dаn Pаѕіfіk, Shabaz Khаn, sebagai pengakuan аtаѕ komitmen Ibu Anі. Aра уаng dіkеrjаkаn Ibu Anі tеlаh mendorong kеmаjuаn реndіdіkаn раdа perempuan ѕереrtі уаng diberitakan Antara. 

Nah itulah kisah serta panutan kita semua Ibu Ani Yudhoyono, yang kini telah pergi mendahului kita semua untuk menghadap sang khalik, semoga Amal Ibadah beliau diterima disisi-Nya. Aamiin. Semoga cita-cita beliau yang belum terwujudkan mari kita wujudkan sama-sama dengan membangun sumberdaya manusia Bangsa Republik Indonesia ini dengan melalui Pendidikan Pramuka yang berkkarakter, berbudi luhur membangun peradaban dan kemakmuran rakyat negara Indonesia.

#Founder, Pramukasiana.com (Ka AbdulTea)

Iklan Tengah Artikel 2