Cara Membuat Menara Pandang Pramuka

Cara Membuat Menara Pandang Pramuka

Cara membuat Menara Pandang bisa dikatan gampang-gampang susah. Selain dibutuhkan keterampilan juga dibutuhkan bahan baku yang cukup kuat. Menara pandang biasanya terbuat dari bahan Bambu atau Batang Pohon yang mempunyai struktur lurus. Membuat menara pandang ini dibutuhkan banyak batang pohon. Untuk memudahkan bisa Anda gunakan Bambu yang usianya sudah cukup tua. Jangan sampai Anda membuat menara dengan bambu yang masih muda karena kalau terkena panas bisa mengkerut atau bambunya menyusut.

Cara Membuat Menara Pandang 


Dalam membuat menara Pandang biasanya ketinggiannya 5 Meter. Dan untuk modelnya beragam, namun disini saya memberikan contoh gambarnya seperti di atas. Gaya menara pandang diatas menggunakan dua tiang dengan ditanam kedalam tanah. Agar posisi berdirinya kuat maka dibuatkan palang silang di bagian tengahnya.

Dan bagian atas sebelah kiri dan kanan di ikat dengan tali dan ditarik kebawah dengan bagian sisi masing-masing agar lebih kuat. Untuk memudahkan penggunanya maka dipasang sebuah tangga gantung. Jadi untuk naik keatas lebih mudah dan tidak capek. Untuk luas lantai atas kisaran 1,5 meter. Yang panting cukup untuk dinaiki oleh 2-3 orang. Karena kegunaanya sebagai menara pandang maka ada baiknya yang naik dengan kapasitas beban secukupnya.

Nah, bagi kakak-kakak atau adik-adik yang sedang bingung ingin membuat menara pandang seperti apa, gambar diatas bisa Anda jadikan referensi dalam kegiatan kalian.

Iklan Tengah Artikel 2