Iklan Atas

Apakah Pramuka masih bermanfaat di Jaman ini ?

Manfaat ikut Pramuka bagi pembentukan karakter manusia. Secara naluri Pramuka adalah tercikal dari sebuah Organisasi Kepanduan yang suka hidup di alam bebas dan juga sebagai media pembelajaran dalam membentuk karakter atau watak manusia. Namun seiring perkembangan zaman ini Pramuka mulai dijauhi oleh kalangan anak-anak milenial karena kegiatannya yang membuat capek atau mereka ini tidak suka panas-panasan dan main kotor-kotoran.

Manfaat Pramuka


Sehingga mengharuskan pola pendidikan Pramuka menyesuiakan dengan keadaan jaman, pola anak semakin kritis dan enggan kalau latihan dengan keadaan cuaca panas ataupun hujan. Bahkan dari kalangan orang tua sering mentang anaknya, dapat apa ikut Pramuka ? kamu upacara panas-panasan dan kegiatannya suka main kena tanah dan kotr-kotoran.

Manfaat Ikut Pramuka

Padahal, dibalik itu semua Masyarakat ataupun kalangan orang tua masih banyak yang tidak mengetahuinya. Pembentukan karakter justru harus di gebleng agar jadi anak yang kuat dan mempunyai kepribadian yang baik. Selain itu berkegiatan di alam bebas seperti di halaman sekolah ataupun di hutan ternyata membawa manfaat bagi sikologi anak. 

Anak menjadi cinta alam dan mengerti apa arti dan tujuan hidup di dunia ini. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Jadi kita sebagai manusia harus saling menjaga, menghormati dan juga jangan suka merusak alam. Karena alam inilah tempat kita tinggal, mencari makan bahkan mendapatkan uang.

Kalau kia saja sebagai manusia tidak cinta alam, lantas apakah kita mampu hidup di masa yang akan datang ?


Manfaat ikut Pramuka


Dalam hal ini sebaiknya dari kalangan masyarakat atau orang tua membaca tulisan ini, coba kita contoh negara Finlandia, di negara itu telah di Nobatkan sebagai negara dengan pola pendidikan terbaik di dunia. Karena apa ? karena di negara Finlandia pola pendidikannya berbasis di lingkungan, di alam dan di ruang terbuka. Duduk di bawah pohon belajar, berdiskusi dan bermain. 

Ayo ikut Pramuka

Dengan hal tersebut, menjadikan anak mendapatkan kodratnya seutuhnya layaknya manusia, tidak selalu mendapatkan doktrik perkara dunia akan tetapi perkara mental dan karakter manusia itu sendiri.

Di negara finlandia belajar di sekolah juga tidak sampai 6 jam dalam sehari akantetapi, dalam sehari hanya 4-5 jam waktu untuk belajar, dan sisanya bebas mau belajar apa saja semua tergantung pada bakat anak-anak tersebut. Akan tetapi dalam hal ini Pramuka sudah jauh-jauh hari melaksanakan Pendidikan berbasis di alam terbuka, bermain, mengasah skill dengan membuat karya dan banyak lagi lainnya.

Maka dari itu, Pendidikan Pramuka ini masih sangat penting untuk di teruskan ke anak cucu kita nantinya.

Iklan Tengah Artikel 2