Manfaat dari Membuat Pionering

Pengertian Pionering. Pionering adalah salah satu teknik tali-menali dengan merangkai suatu benda menjadi wujud yang berbeda dari benda itu sendiri. Pionering diajarkan tidak hanya pada kalangan Mahsiswa Pecinta Alam, maupun basarnas namun dalam kegiatan Pramuka materi Pionering juga diajarkan.

Pengertian Pionering


Pionering ini sebenarnya bukan hanya membuat suatu kerangka berebntuk hiasan semata, namun memiliki fungsi tersendiri. Namun sering kita jumpai dibeberapa pangkalan ada pembuatan pionering berdasarkan keren dan juga hanya untuk hiasan seperti robot maupun kuda.



Namun yang paling penting dari hiasan adalah fungsinya. Jadi Pionering ini dibuat untuk difungsikan untuk membantu kegiatan di alam bebas. Jadi pembuatan pionering yang bagus bukan hanya berdasarkan pada banyaknya tongkat yang digunakan maupun bentuk pionering yang dibuat, akantetapi yang lebih penting adalah fungsi itu sendiri.


Cara Membuat Pionering


Contoh pionering yang lebih berfungsi namun dalam pembuatannya tidak memakan banyak waktu dan juga bahan baku. Seperti pembuatan pionering jemuran baju, rak piring, gantungan peralatan masak, gapura, tinga bendera dan juga tenda dalam bentuk pionering.

Jadi, dalam pembuatan pionering yang ideal adalah banyak fungsi, boleh saja dalam bentuk kapal, burung dan robot mungkin dalam pembuatan bentuk ini memerlukan banyak waktu dan bahan baku.

Manfaat dari membuat Pionering

Dengan adanya materi membuat Pionering maka akan dapat mengasah skill pada peserta didik Pramuka, agar nantinya memiliki bekal dalam hidupnya untuk bisa memfungsikan segala apa yang ada di alam untuk dapat dimanfaat sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhannya. Dan dengan materi pionering ini akan menghasilkan seroang Pramuka yang multi talent dan berkualitas.

#PioneringKreasiAnakPramuka

Iklan Tengah Artikel 2